Posted by: boncire | January 23, 2009

Film-Film-dan Film

Di hari ke-22 di tahun 2009 ini, rasanya sudah lebih dari 3 judul film yang telah saya tonton. Waw!! Padahal setahun yg lalu saya masih menjadi orang yg anti bgt nonton di bioskop. skrg buat saya, nonton adalah sesuatu yg membawa kepuasan sendiri klo kita bisa mengerti pesan yg ingin disampaikan film itu..

Saya mau sharing2 film apa aja sih yg udah saya tonton, berikut komentar dari saya, Enjoy!*kyk apa aja d!hehe*
1. Saus Kacang
Tidak semua film Indonesia berkualitas rendah, film ini tidak termasuk kategori itu. Film ini bercerita tentang Dewi(BCL)Chef restoran di sebuah hotel bintang 5 di Bali. Fredo (Ashraf Sinclair), seorang turis dari Malaysia yang ngeselin, nyebelin, rese parah lah pokoknya!!(Tapi akting ashraff disini poll bgt!! ekspresif dan kocak!) Tapi buat Dewi dengan slogannya “Tak ada tamu yang tak bisa dihadapi”, ini adalah tantangan

Usaha Dewi terlalu berlebihan sampai akhirnya mereka melanggar peraturan dengan berkeliaran ketika perayaan Nyepi. Mereka mendapat hukuman membersihkan pura selama beberapa hari. Masa-masa menjalani hukuman itu terungkap bahwa mereka memiliki nasib yang sama dalam cinta. Hubungan mereka makin akrab dan lebih ceria menjalani hukuman.
tiba2 mantan calon istri Fredo, Mae datang menyusulnya ke Bali, Wuahh… Fredo bingung donk yaa milih yg mana…

komentar : Filmnya menghibur banget, yaa wlaupun ga bisa dibilang bagus banget, tapi film ini menghibur BANGET!! saya sih seneng2 aja nonton film ini. seruu.. so sweet, apalagi tmpatnya juga bagus.Bali gtu lohh.hwhw oh iya, yg saya tangkep di film ini, Dewi selalu ngulang2 kata2 ‘sebodoh2nya keledai, pasti jatuh ke lobang yg sama’ ya intinya, si Dewi selalu ngerasa sbg keledai yg tersakiti.halah… yg seru lagi tuh, pas lagi adegan numbuk ato ngulek kacang. beuhh… kocak aja, kesel dan marah(emosi) disalurkan lewat menumbuk kacang.. ide yg bagus tuh klo ada yg lagi kesel. selain ngilangin rasa kesel, siapa tau kamu berbakat jualan saus kacang..XD

2. The Oxford Murders
Awalnya bingung mau nonton film apa, trus mbak2nya nyaranin nonton film ini. Film ini bercerita ttg mahasiswa yg bernama Martin(Elijah Wood). yang akan melanjutkan pendidikan masternya. “Kebenaran itu tidak mutlak”. Kutipan ini adalah kalimat pembuka dari seorang dosen matematika, Arthur Seldom, ketika memberikan kuliahnya di hadapan para mahasiswa. Martin memilih Seldom untuk jadi dosen pembimbingnya.
Awalnya, sang dosen cuek bgt dgn kehadiran Martin. Kedekatan mereka bermula dari sebuah peristiwa pembunuhan yang terjadi di kediaman dimana Martin tinggal. Korban pembunuhan adalah seorang wanita tua, yang ternyata sahabat Seldom.

Dalam aksi pembunuhan ini si pembunuh meninggalkan jejak dengan memberikan simbol matematika yang diambil dari kelompok phytagoras.

Komentar : Film ini sukses bikin saya ga tidur sepanjang film, karena penonton diminta untuk bener2 berpikir kalo ‘meleng’ sdikit, bisa2 ga ngerti, film ini membahas rantai logika doonk.. gila ya, mantap abis!! keren lah pokonya. film ini cerdas bgt! Namun, ada pesan menarik di akhir film. Mengutip teori chaos untuk istilah efek kupu-kupu (The Butterfly Effect), bahwa kepakan sayap kupu-kupu di sebuah negara dapat mengakibatkan atau mencegah terjadinya badai di belahan dunia lainnya. Berbagai kejadian yang terjadi pada seseorang itu bisa membuka pintu bagi peristiwa lainnya. Dan semua gabungan peristiwa yang dialami merupakan fenomena yang bersifat acak tapi saling terhubung satu dengan lainnya. Film ini nunjukkin semangat belajar yg tinggi, saya terus terang kagum sama semangat mahasiswa2 luar untuk belajar dan terus belajar, menggali dan mendalami ilmu yg sedang ia pelajari.. hebat!!! Sehabis film ini, saya langsung pusing, tpi penasaran bgt!! kaitannya dengan logika dan fenomena yg ada dlm kenyataan hidup. beuh…!! klo kamu suka film yg ‘memaksa’ kamu untuk berpikir lebih, film ini bisa dijadikan rekomendasi. lalu ikut berpikir dan temukan siapa pembunuh yg sebenarnya..
(sebagian dikutip dari : http://enggar.net/2009/01/18/the-oxford-murders/)

3. Under The Tree
Hmmm, saya ga tau ini film apa, pas masuk ke dalam bioskop, saya baru ngeh. ohh film Indonesia toh… Under The Tree, disutradari oleh Garin Nugroho, dibintangi oleh Marcella Zalianty,Ikranegara, Nadia Saphira, Aryani Kiergenburg Willems (seorang seniman teater yang bermukim di Jerman), Ayu Laksmi (mantan rocker tahun 90-an). Film ini bisa dikatakan unik karena menggabungkan unsur seni drama, tari, busana tradisional Indonesia serta menampilkan juga keindahan panorama Indonesia dengan setting utamanya adalah budaya Bali.(sebagian dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Under_The_Tree)

komentar : dialognya jarang, klo pun ada, sering pake bahasa Bali. film ini bercerita melalui tarian dan setingan panoramanya. agak kurang ngerti sih..tapi klo untuk kebudayaannya, oke banget…

4. Happy-Go-Lucky
Awalnya saya tertarik dengan poster film yang didominasi warna biru, dengan wajah perempuan yang ceria bgt. saya sudah bisa menebak film ini pasti bercerita ttg keceriaan cewek tersebut. Nah, ternyata film yang membawa Sally Hawkins(si cwe lucu yang ada di poster) terpilih menjadi aktris terbaik di ajang Golden Globe 2009. Sally berperan sebagai Poppy yang ceria, suka belanja, berpesta dan berjalan-jalan. Film ini disutradarai oleh Mike Leigh.

Komentar :ceritanya simpel, namun yg ditonjolkan adalah sisi2 positive thinking Poppy. pribadinya yang ramah dan selalu tersenyum dalam kondisi apapun. dia ga ragu untuk menyapa dan memuji orang lain, skalipun ia ga kenal. dan bila responnya tidak sesuai yg diharapkan(dicuekin) Poppy akan tetap tersenyum. ga pernah BT. di film ini kita juga disuguhi pemandangan salah satu negara di Eropa.. uuhh bagus! kapan ya Indonesia bisa sperti itu. hehe Dari film ini saya menyimpulkan bahwa kebahagiaan tergantung bagaimana kita mendefinisikan dan menjalani kehidupan itu sendiri..

5. Yes Man!
dengan kata ‘YES’, maka hidup kamu akan berubah. itu adalah pesan sekaligus promosi yang diberikan salah satu teman Carl(Jim Carrey),seorang pemurung yang suka menyendiri dan selalu mengatakan tidak pada kawan-kawannya. Maka pada suatu hari ia mencoba mengatakan “iya” pada setiap permintaan orang dengan segala akibatnya.Yes Man adalah sebuah film komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2008 dan dibintangi oleh Jim Carrey. Film ini berdasarkan kisah nyata dan buku yang diterbitkan tahun 2005 dan ditulis oleh pelawak Britania Danny Wallace. (www.wikipedia.org)

komentar : GREAT!!! baguss! saya pun nontonnya juga unik, rame2 dengan teman2 2007 dan beberapa dosen, kita nonton brg2 di Senayan City.. Wow bgt kan?? setelah TDK(Tur Dunia Kerja), 2 bus yang digunakan langsung meluncur ke Senayan City. memang tidak semuanya nonton sih.. Film ini menurut saya mankom bgt. hehe CTC sih lebih tepatnya, karena Carl menghadiri sebuah seminar dari seorang trainer handal. saat sang trainer keluar, entah knp yang ada di otak saya adalah Mario Teguh dan CTC. hehe Film ini cukup menghibur, sperti biasa, Jim Carrey selalu sukses menampilkan ekspresi yang beragam, dan diperagakan dengan kocak.. film ini juga menunjukkan bahwa dengan satu kata yang positif, kita dapat melakukan apapun dengan hati senang. Kata ‘YES’ bisa membuat hidup jadi lebih bahagia..

6. Pintu Terlarang

Hidup seorang pematung yang sukses bernama Gambir (Fachri Albar) mulai berantakan setelah dia mulai menerima pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya. Dari sebuah tayangan TV illegal yang menempatkan kamera tersembunyi di rumah-rumah orang, dia mengetahui bahwa yang mencoba menghubunginya adalah seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang disekap dan disiksa oleh dua orang misterius. Saat Gambir berusaha untuk mencari tahu di mana anak itu, dia curiga kalau istrinya yang bernama Talyda (Marsha Timothy) mungkin ada hubungannya dengan misteri yang sedang dia coba pecahkan. Tak lama kemudian, Gambir harus memilih, apakah menyelamatkan anak kecil itu atau kehilangan semua milik dan hidupnya. Apapun pilihannya, kengerian dan bencana yang berdarah-darah menanti di ujung pencariannya. (www.21cineplex.com)

komentar :
awalnya saya kira film ini adalah film dengan cerita standar, ga mutu seperti film2 indo lainnya. namun saat pertama kali masuk untuk nonton film ini, saya sudah di sambut dengan opening title yang keren!! beda, jarang bgt opening title yang digunakan dibuat sperti itu. settingan, tata gambar, angle dalam film ini juga baguusss… saya suka dengan settingan yg terkesan jadul, namun ternyata ada sisi modern minimalisnya juga. ceritanya juga menarik. bikin saya ga smpet ketiduran di film ini. untuk yang belum nonton, siap2 nutup muka ya! ini bukan film horor, tapi adegan yang ditampilkan tuh bnran sadis bgt dan berdarah2.. hiyy bgt kan?? tapi seruu koo. bagus filmnya. di Akhir film, saya baru mengerti film ini menceritakan ttg apa. lalu saya mengaitkannya dengan model Johari Windows. hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: