Posted by: boncire | December 2, 2008

majalah dan usia 20?!?!?!?

majalah apa yang dulu sering kamu baca?? hmmm… coba deh kamu tanyakan pertanyaan itu ke dalam hati kamu…

Awal ‘karir’ membaca saya diawali dengan majalah Aku Anak Saleh(masih ada ga si skrg?). saya ingat, Datuk(sebutan kakek di sumatera) sering membelikan saya buku cerita kisah teladan para Nabi dan Rasul dan majalah Aku Anak Saleh. mungkin pada saat itu Datuk saya

Bobo-teman bermain dan belajar..xp

Bobo-teman bermain dan belajar..xp

berharap supaya cucu perempuannya ini tumbuh menjadi anak yang soleh(ah). aminnn….. lalu, mama saya mulai memperkenalkan majalah Donal Bebek dan majalah Bobo. dua majalah favorit dan saya berlangganan keduanya sampai kelas 5 SD. Mama dan tante saya ternyata suka bgt baca majalah Donbek, begitu saya dan etho menyebut majalah Donal Bebek. klo tidak salah, tante saya punya berbundel-bundel majalah Donbek. karena kami waktu itu masih kecil, jadi suka ga dipinjemin untuk dibawa pulang. takut rusak kali ya?? waktu itu harga majalah Donbek Rp 1800,- dan majalah Bobo Rp 1500,-. ketika saya kelas 2 SD, saya melihat abang-abang berjualan majalah edisi lama, waahh…… uang jajan saya habis untuk membeli majalah bekas seharga Rp 500,- itu. ga masalah, yang penting ada rasa puas setelah membaca majalah2 itu(dibanding membaca buku catatan saat belajar untuk ulangan umum). tidak sebatas majalah anak-anak aja, mama sering membeli majalah Kartini dan Femina. kalau Mama lagi ga dirumah, pasti saya colongan membaca majalah2 itu. halaman yg pertama kali saya buka adalah bagian belakang, tempat rubrik selera nusantara, untuk melihat makanan enak apa lagi ya yg dimasak Rudi choiruddin..xD kadang-kadang saya membaca rubrik oh mama oh papa. kecil-kecil udah tau intrik permasalahan rumah tangga. haha walaupun saya ga ngerti, yang penting saya baca.titik.

Majalah yg bisa bikin terlihat keren.ahahaha

Majalah yg bisa bikin terlihat keren.ahahaha

majalah remaja pertama yg saya punya adalah majalah GADIS. tebak dong, umur berapa saya saat itu… saya membaca majalah GADIS pertama kali sekitar umur 8 – 9 tahun. yiah… anak kecil masih piyik piyik masa bacanya majalah orang gede?? alasan saya membeli majalah itu juga cupu bgt!!! waktu saya kelas 3 SD, boyband lagi booming bgt. lalu beredar berita Boyzone kecelakaan pesawat! saya langsung heboh nelpon mama minta dibeliin majalah GADIS atau KAWANKU yg terbaru, temen saya bilang beritanya dimuat disana. saat suara mobil memasuki teras rumah, saya berlari keluar sambil berteriak heboh “Mamaaaaa….masa ya kata temen bonbon, Boyzone meninggal, kecelakaan pesawat!!” – kenapa ya sikap anak kecil selalu berlebihan kyk gini? saya heran knp dulu bisa begitu- Cover majalah GADIS pertama yg saya punya didominasi warna pink, trus Cover majalah KAWANKU pertama yg saya punya backgroundnya warna putih. hingga kelas 6 SD saya rutin membeli majalah mingguan KAWANKU – seharga Rp 3000, sampai naik jadi Rp 5000, gara2 krismon- dari uang jajan saya sendiri. saya suka membaca cerpen-cerpennya. klo ga salah dulu ada cerbung yg judulnya “Nana dan…” apa gitu ya? saya lupa. saya suka bgt baca kisah sehari-hari cwe tomboi berambut pendek yg suka mengacak-acak bagian belakang rambutnya, belum lagi cerita teman-teman nana yg juga unik2 kelakuannya. salah satunya ada yg bernama Helen. wahhh… saya masih inget ternyata!!

masa itu adalah masa berjayanya pasangan Primus – Nafa Urbach, Anjasmara, Gunawan, Teddy Syach, Jihan Fahira, Vira Yuniar, dll wadooohhhhh memori ‘jadul’ saya terkuak lagi. hehehe oia, saya biasanya cuma bisa ngeliat ‘mupeng’ barang2 atau event2 yg diadain majalah KAWANKU. saya tau diri juga lah ya.. masa anak SD mau ikut2 acara orang gede?xp

masuk dunia SMP, teman2 saya mulai beragam. Vinie, Angie, Ines, dan Denissa sering membaca majalah GADIS, saya masih bertahan dengan majalah KAWANKU saat itu. namun lama kelamaan saya ikut beralih menjadi pembaca setia majalah GADIS. Pemenang Gadis Sampul Tahun 2000 adalah ASTRID TIAR! Tema malam penobatannya Around The World. Gimana ga hafal, saya suka bgt baca perjalanan karantina finalis GadSam, jadinya saya baca berulang kali. hal ini juga yg membuat saya tertarik bekerja di dunia majalah remaja cewek. abis kesannya mengasyikkan. fun. dunia cewek bgt. dan tetap berjiwa muda. Impian saya yg ga kesampean adalah dateng ke salah satu malam penobatan Gadis Sampul. mana mungkin saya dibolehin mama pergi ampe pulang malem gitu. belum lagi mesti keluar uang untuk membeli baju biar sesuai dgn dresscode yg udah ditentuin. fuh…. saya mengikuti perkembangan Gadis Sampul sampai awal kelas 1 SMA. dulu saya hafal finalis Gadsam dari tahun 2000-2003. Intan Nuraini, Inka Noverinka, Soraya Larasati, Vega Dwitya, Coreana Agashi, Paula Verhoeven, Micka Chiara Siwy(ya iyalah tau, ini kakak kelas saya dulu pas SMP, eh ternyata skrg temennya si Abang en Iip) adalah beberapa nama yg masi saya ingat.

Majalah luar mulai menyerbu pasar Indonesia. Kehadiran CosmoGirl, Seventeen, GoGirl mewarnai masa SMA saya. saya membeli majalah berdasarkan mana yg paling pgn saya beli. majalah GADIS pun hanya saya beli sesekali aja. tetapi kehadiran majalah remaja saat itu emang udah jadi suatu barang wajib yg bisa dijadiin guide’s book dalam masalah fashion, make up, ampe masalah psikologis remaja seperti pertemanan dan percintaan. Saya bisa ngerasa jadi cwek paling ga tau apa2 klo telat baca majalah yg temen2 saya punya. hehehe agak berlebihan ya klo skrg dipikir2 lagi..

Awal-awal kuliah saya masih bingung menentukan majalah apa yang akan saya beli. GADIS atau KAWANKU terlalu smp bgt! CosmoGirl terlalu sma. yaa… masih lumayan Seventeen dengan tips2 yg lumayan oke, trus GoGirl yg jadi role model fashion saat itu – ampe lama kelamaan saya ilfil gara2 ngeliat cwe2 yg saya liat dijalan ko ga beda jauh ama yg dimajalah ya gayanya?- saya nyoba beli majalah Cita Cinta, not bad-lah. malah bagus. tapi kenapa ya teman2 saya malah heran ngliat saya yg waktu itu masih tingkat 1 tapi bacaannya cita cinta? emang sih masih byk artikel yg lebih ditujukan untuk wanita muda yg udah kerja. saya pun melirik ke majalah SPICE! ya… ini yg saya cari.. saya merasa majalah ini cocok untuk usia cewek kuliahan seperti saya. harganya juga relatif murah. cuma Rp 20.000,- terbitnya hanya sekali dalam sebulan. tapi emang dasar gila majalah, saya bisa membeli majalah SPICE!, Seventeen, Go Girl, dan Cosmogirl pada bulan yg sama.

I love Fashion, Fashion, and Fashion! Thx to Cleo Magz!x)

I love Fashion, Fashion, and Fashion! Thx to Cleo Magz!x)

masa peralihan tingkat 2 ke tingkat 3, saya mulai tergoda membaca majalah ELLE, majalah fashion dengan selera tinggi, yg harga-harga barangnya ga bisa nyantai alias bilangan juta semua. saya dan Riri biasanya cm komentar2 heboh klo liat barang2 lucu dari majalah ini. kemudian Riri memperkenalkan saya dengan majalah Cleo, majalah yg sekarang jadi acuan saya. Menurut saya, dari segi isi, majalah Cleo udah cukup mewakili cewek usia 20-an ke atas. barang2nya pun juga masih masuk akal, walopun yg ga bisa nyantai juga ga sedikit. tips2nya dan artikel2nya pun membuat saya jadi berpikir, Anda telah memasuki area umur 20 tahun, saatnya mencari kemudian membentuk diri sebagai wanita menuju dewasa. seperti salah satu artikel yg ada di majalah Cleo Edisi bulan Desember 2008, tentang hal2 yg harus dilakukan memasuki usia 20 taun diantaranya jadilah fashion stylist sendiri, perjelas jalinan persahabatan, keliling dunia, kenakan high heels, tidak bergantung pada pria, tidak ada lagi kencan menyedihkan, pilih wine favorit, dan masih byk lagi..what d***k? there’s so many thing’s to do in my early 20! kyknya saya mau melanjutkan baca artikel ini dulu de. and try to find the new me at 20 or somethin’…!!yeah!!

Advertisements

Responses

  1. huahaha,
    prjalanan pemilihan majalah yang tepat ya?

    klo konten c,
    gw suka Gogirl sama cita cinta.
    ntah knpa gw ga bisa ninggalin gogirl yg uda ga ssuai umur gw itu hahaha…

    wajar ko mei..hehehe sapa tau ntar lo kerja disana..amin…

  2. Eh, si Micka gadis sampul? Wew… temen sekelas tapi ga tahu gw. ho ho

    (Dan, oh temennya abang dan iip… hmmm… ati-ati nak)

    Sekarang bacanya Rolling STone US, TIME, sama Newsweek..

    Kalau Shonen Magazine dihitung ngga sih?

    ati2 knpa? saya sudah sering dibikin makin gila sama mereka koo..hehehe

    shonen magazine tuh majalah apa ya? kok saya baru denger??

  3. iya bener…
    dalam membaca majalah emang ada tahapan umurnya hehehehe
    BOBO-ANIMONSTER-GADIS-SEVENTEEN-GIRLFRIEND…

    dan tampaknya tahun depan sudah harus berganti lagi nih…
    hihiy…

  4. Shonen magazine = kumpulan cerita manga yg dirangkum jadi satu buku yg tebel. Kyk donal bebek gitulah.. Tapi donal bebek kn bentunya majalah, shonen magazine tu bentuknya kea buku komik. Tebelnya bisa ampe 2,5x buku komik biasa.

  5. iya nih binggung bgt mo bc mjlh apa

    mulai dai bobo-fantasi-aneka-gadis-gaul-kerbek-femina-kartika…

    hehehhe

  6. wow…ada teman baru, hai yovi
    makasi udah berkunjung..salam kenal yaa

  7. baja majalah bobo dan donal bebek


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: