Posted by: boncire | October 27, 2008

ikhlas…(Part 1)

Ikuti kata hati

Kumpulkan niat yang tak pernah terhenti

Hempas semua cemas dan prasangka

Lupakan segala ego yang ada

Agar ini menjadi sesuatu yg tulus, tanpa harapan atau balasan

Sekedar menunjukkan rasa yang tersimpan di dalam dada… (8:25 pm- 26 okt 08)

akhir-akhir ini banyak temen2 gwe yg berantem ama pacarnya, malahan beberapa sampe putus. gwe cuma bisa garuk2 kepala ngeliatnya. rata2 masalahnya hampir sama, miss communication. kurang saling mengerti. yg diakhiri dengan kata putus. gwe pun berpikir, emang pacaran itu harus selalu tentang memberi dan menerima ya? satu sisi pasti menuntut psangannya berubah seperti apa yg dia mau. gwe pun mikir lagi, apa emang pacaran harus seperti itu ya? gwe pun jadi berpikir lagi untuk membina hubungan yang namanya ‘pacaran’. ngeliat temen gwe dilarang pacarnya, ditelponin mulu, khawatir pacarnya ga ada kabar dan seribu alasan lainnya bikin gwe parno untuk punya pacar. lebih enak kyk gini, bebas. gwe cuma harus ngurus diri gwe. tenang. apa yg gwe lakuin ya emang cuma untuk diri gwe. temen2 gwe sering bgt nasihatin gwe untuk ga bsikap seperti itu. katanya gwe harus belajar membina sebuah hubungan. saat itu gwe masih suka ngeceng sana-sini. tiap ada cowo lucu dikecengin. hiihihi temen2 gwe pada protes. trus bilang”yg dicari tuh pacar bon. jangan cuma nyari kecengan!” gwe cuma cengar-cengir aja klo dibilangin kyk gitu.

gwe ga mau perjalanan menuju cita-cita itu terhambat karena masalah hati. otak dan pikiran gwe udah cukup dikasi cobaan about my family. ga gampang untuk bertahan tetap pada ‘jalur’nya dengan status broken home. gwe melakukan banyak perenungan saat gwe memasuki masa2 itu. sulit menerima kenyataan, gwe selalu nangis, gwe sakit hati, gwe kecewa. belum lagi adik2 gwe pasti perlu bimbingan disaat mereka labil. godaan untuk lari ke hal yg negatif bisa aja gwe lakuin. apalagi gwe tinggal jauh dari rumah. sebuah kesempatan emas klo gwe mau melakukannya. alhamdulillah, Allah SWT masi ngasi gwe pikiran yang jernih. ditengah-tengah labilnya emosi gwe saat itu, gwe bertekad untuk menjadi stabil. gwe harus punya sikap yg positif. klo bukan gwe, siapa yg bakal ngebimbing adik2 gwe? pelan-pelan gwe mencoba menerima keadaan dengan ikhlas. pulang kerumah tanpa kehadiran salah satu orang tua yg selalu ada, serasa pincang keseimbangan yg gwe dapet selama ini. tapi gw bertahan. mencoba untuk ikhlas…

gwe sering bgt ngalamin perang batin. seperti ada dua sisi yg sedang adu mulut di dalam hati gw. mereka saling berteriak. mempengaruhi gwe untuk memilih antara belajar ikhlas atau membiarkan ego menguasai diri gwe, saat gwe ingin belajar ikhlas, seperti ada energi yg bikin gwe kuat untuk ngejalaninnya. motivasi gwe seakan bertambah. sekarang udah 2 tahun lebih gwe mampu menjalani kehidupan gwe dgn normal. tanpa masalah yg berarti. ya.. masalah itu masih berlangsung. karena keegoisan salah satu pihak. ahh…gwe pusing klo mikirin itu. gwe anggep aja ini salah satu cobaan gwe lg dalam menjalani keikhlasan menghadapi kenyataan hidup. beban gwe jadi terasa lebih ringan klo inget keikhlasan yg sedang gwe bangun. bermodalkan positive thinking, sesulit apapun itu prakteknya, gwe terus menerus membentuknya didalam diri gwe. semua ini ada hikmahnya, Tuhan pasti mempunyai rencana lain sehingga gwe harus belajar ngelewatin ini semua. rasa lelah kadang timbul. tapi bukan berarti gwe menyerah..manusiawi lah ya. kadang manusia mencapai sebuah titik jenuh dari apa yg udah di lakukan…

selama gwe belajar untuk ikhlas, gwe masi takut2 untuk ikhlas menunjukkan rasa sayang untuk orang lain. seperti yg tadi gwe tulis, gwe terlalu takut untuk mengalami hal2 yg dialami temen2 gwe. blm lagi pikiran negatif, ga yakin, ga PD yg selalu ada dipikiran gwe. gwe selalu menutup mata dan telinga. seakan ga mau tau.. tapi seiring berjalannya waktu, pengetahuan dan pengalaman gwe pun bertambah. gwe mulai memahami ikhlas yg sebenarnya. rasa yang tanpa pamrih. yg ga akan pernah diungkit2 ato diratapi dan disesali klo kita terlanjur melakukannya. apapun itu resikonya, ikhlas berarti kita mau melakukan apa yg menurut kita baik tanpa menginginkan balasan apa2. yg dicari cuma kepuasan batin. yg penting gwe udah melakukannya. tingginya gengsi serta kerasnya sikap antara mars dan venus membuat ikhlas dalam mencintai sulit terwujud.

ikhlas itu mencari kebenaran bukan pembenaran…

kebenaran dalam bersikap, bukan pembenaran atas sikap yg telah dilakukan..

Advertisements

Responses

  1. Ckckck.. Gw prihatin. Ternyata gini ya pikiran lo.. Puisi gw bwt lo ternyata ga ngubah apa2.. Cuma jadi kumpulan kata mati.. Well, what should i say then? Gud luck aj..

  2. Hidup IKHLAS..
    Begitu banyak makna yg tersimpan dlm satu kata,
    Ada berkorban, memberi, menerima, ketakutan, kekuatiran, kebahagiaan, tangis, pertemuan, kehilangan, kemarahan..
    Rasakan semua dgn satu kata “IKHLAS”
    Dan kita akan merasakan hidup..

    Cheers non.. hehe..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: